Materi kali ini adalah cara membuat buku mulai dari cover sampai biografi. Caranya cukup mudah yaitu dengan menggunakan Microsoft Word. Teman-teman pasti bingung kan, maka dari itu perhatikanlah cara-cara di bawah ini. Sebelumnya ada informasi sedikit bahwa dalam membuat buku kita akan menggunakan header & footer, equation, watermark, kolom koran + dropcap, tabel, footnote, dan bullet & numbering agar lebih menarik.
Caranya yaitu :
1.
Klik insert kemudian pilih cover
page. Cover page ini terdiri dari banyak pilihan jadi teman-teman bisa pilih
sesuai keinginan teman-teman.
2.
Kemudian setelah piih cover page,
gantilah thype the document title, thype the document subtitle, pick the date
dan owner sesuai yang ingin ditulis.
Kedua, buatlah daftar isi. jika teman-teman sulit
dalam membuat daftar isi karena nanti tidak akan rapi maka klik references
kemudian pilih insert table of figures.
Ketiga, setelah membuat cover dan daftar isi kita
akan membuat isi dari buku. Isi buku ini bebas, bisa tentang pelajaran, novel
maupun cerita pendek ( cerpen ). Dalam tutorial cara membuat buku ini saya akan
menggunakan header & footer,
equation, watermark, kolom koran + dropcap, tabel, footnote, dan bullet &
numbering seperti yang sudah saya jelaskan di awal tadi.
Biar teman-teman tidak bingung saya akan memberi
contoh dan cara membuat.
1.
Menggunakan header, watermark,
kolom koran + dropcap :
Cara membuatnya
yaitu :
·
Klik page layout, pilih watermark.
Pilih sesuai yang diinginkan, watermark ini kita bisa menentukan nama dan
warnanya dengan cara setelah klik watermark dan pilih sesuai yang diinginkan
maka pilih custom watermark. Disitu terdapat bahasa, text, font, size, color
dan layout.
·
Tulislah isi bukunya. Setelah
semuanya ditulis, blog tulisan itu kemudian klik insert dan pilih dropcap.
·
Setelah itu klik header. Di
header ada banyak pilihan blank. Kita dapatmemilih blank sesuai dengan apa yang
kita inginkan. Setelah blank di klik kita akan di perintahkan untuk mengganti
thype the document title yang terdapat pada blank pada bagian tengah, kiri, kanan dan three
columns. Setelah itu close header & footer.
Caranya yaitu :
v Menggunakan
bullet & numbering yaitu ketika kita menulis isi terutama tentang pelajaran
kita bisa menggunakan bullet & numbering agar terlihat rapi.
v Untuk
equation itu adalah tempat simbol-simbol. Jadi jika ingin menulis rumus
pakailah equation karena di situ telah di atur tata cara tulis rumus agar rumus
yang kita tulis pada saat di format tidak beracakan. Jika ingin menggunakan
equation pilih insert kemudian klik equation dan pilih simbol yang ingin di
pakai.
v Untuk
tabel ini biasa di gunakan dalam perbandingan atau perbedaan. Tabel ini bisa di
atur sesuai yang di inginkan. Kalo ingin seperti gambar di atas, setelah
membuat tabel kolom tabel tersebut di blog kemudian klik kanan dan pilih merge
cell. Cara membuat tabel yang mudah yaitu dengan cara pilih insert kemudian
klik tabel. Teman-teman juga bisa menggunakan insert table agar lebih mudah
mengaturnya dan tidak bingung.
3.
Menggunakan footer dan footnote.
Cara membuat :
ü Footer
adalah aplikasi dalam MS. Word yang di gunakan untuk membuat nomor halaman.
Biasa terdapat pada makalah, skripsi, dll. Caranya sama dengan header bedanya
itu header untuk thype document sedangkan footer itu untuk halaman.
Keempat, yaitu membuat biografi beserta gambar.
Kalau penulis buku biasanya mereka menulis biografi di belakang buku tidak lupa
juga mereka memasukkan foto mereka.
Tetapi jika teman-teman tidak ingin menulis biografi
juga tidak apa-apa. Tapi lebih bagusnya ada biografi dari teman-teman agar para
pembaca tahu siapa penulis buku yang mereka baca.
Itulah tutorial cara membuat buku, mudah kok. Yang
penting mengerti pasti bisa membuatnya.
Selamat mencoba yah, semoga sukses.. :) :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar