Selasa, 08 Oktober 2013

Tutorial Membuat Buku


Materi kali ini adalah cara membuat buku mulai dari cover sampai biografi. Caranya cukup mudah yaitu dengan menggunakan Microsoft Word.  Teman-teman pasti bingung kan, maka dari itu perhatikanlah cara-cara di bawah ini. Sebelumnya ada informasi sedikit bahwa dalam membuat buku kita akan menggunakan header & footer, equation, watermark, kolom koran + dropcap, tabel, footnote, dan bullet & numbering agar lebih menarik.

Pertama, setelah membuka aplikasi Microsoft Word kita mulai membuat covernya terlebih dahalu.
Caranya yaitu :
1.     Klik insert kemudian pilih cover page. Cover page ini terdiri dari banyak pilihan jadi teman-teman bisa pilih sesuai keinginan teman-teman.
2.    Kemudian setelah piih cover page, gantilah thype the document title, thype the document subtitle, pick the date dan owner sesuai yang ingin ditulis. 
Kedua, buatlah daftar isi. jika teman-teman sulit dalam membuat daftar isi karena nanti tidak akan rapi maka klik references kemudian pilih insert table of figures.
Ketiga, setelah membuat cover dan daftar isi kita akan membuat isi dari buku. Isi buku ini bebas, bisa tentang pelajaran, novel maupun cerita pendek ( cerpen ). Dalam tutorial cara membuat buku ini saya akan menggunakan  header & footer, equation, watermark, kolom koran + dropcap, tabel, footnote, dan bullet & numbering seperti yang sudah saya jelaskan di awal tadi.
Biar teman-teman tidak bingung saya akan memberi contoh dan cara membuat.
1.     Menggunakan header, watermark, kolom koran + dropcap :

 Cara membuatnya yaitu :
·         Klik page layout, pilih watermark. Pilih sesuai yang diinginkan, watermark ini kita bisa menentukan nama dan warnanya dengan cara setelah klik watermark dan pilih sesuai yang diinginkan maka pilih custom watermark. Disitu terdapat bahasa, text, font, size, color dan layout.
·         Tulislah isi bukunya. Setelah semuanya ditulis, blog tulisan itu kemudian klik insert dan pilih dropcap.
·         Setelah itu klik header. Di header ada banyak pilihan blank. Kita dapatmemilih blank sesuai dengan apa yang kita inginkan. Setelah blank di klik kita akan di perintahkan untuk mengganti thype the document title yang terdapat pada blank  pada bagian tengah, kiri, kanan dan three columns. Setelah itu close header & footer.

2.    Menggunakan equation, tabel, bullet & numbering. 
Caranya yaitu :
v  Menggunakan bullet & numbering yaitu ketika kita menulis isi terutama tentang pelajaran kita bisa menggunakan bullet & numbering agar terlihat rapi.
v  Untuk equation itu adalah tempat simbol-simbol. Jadi jika ingin menulis rumus pakailah equation karena di situ telah di atur tata cara tulis rumus agar rumus yang kita tulis pada saat di format tidak beracakan. Jika ingin menggunakan equation pilih insert kemudian klik equation dan pilih simbol yang ingin di pakai.
v  Untuk tabel ini biasa di gunakan dalam perbandingan atau perbedaan. Tabel ini bisa di atur sesuai yang di inginkan. Kalo ingin seperti gambar di atas, setelah membuat tabel kolom tabel tersebut di blog kemudian klik kanan dan pilih merge cell. Cara membuat tabel yang mudah yaitu dengan cara pilih insert kemudian klik tabel. Teman-teman juga bisa menggunakan insert table agar lebih mudah mengaturnya dan tidak bingung.
3.    Menggunakan footer dan footnote.

Cara membuat :
ü  Footer adalah aplikasi dalam MS. Word yang di gunakan untuk membuat nomor halaman. Biasa terdapat pada makalah, skripsi, dll. Caranya sama dengan header bedanya itu header untuk thype document sedangkan footer itu untuk halaman.

ü  Foonote adalah aplikasi yang di gunakan kalau kita ingin membuat istilah. Biasanya terdapat pada buku ilmiah atau refrensi. Kata yang kita tulis di situ adalah istilah kata pada isi dari buku yang kita tidak tau. Ini di tulis pada bawah halaman sebelum masuk halaman yang baru.
Keempat, yaitu membuat biografi beserta gambar. Kalau penulis buku biasanya mereka menulis biografi di belakang buku tidak lupa juga mereka memasukkan foto mereka.
Tetapi jika teman-teman tidak ingin menulis biografi juga tidak apa-apa. Tapi lebih bagusnya ada biografi dari teman-teman agar para pembaca tahu siapa penulis buku yang mereka baca.

Itulah tutorial cara membuat buku, mudah kok. Yang penting mengerti pasti bisa membuatnya.
Selamat mencoba yah, semoga sukses.. :) :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar